individual

TK

Program Pembiasaan dan Pembelajaran

30/04/2008 15:07

Program pembiasaan dan pembelajaran TKI IPL dilaksanakan melalui “8 (delapan) jalur pencapaian “ yang terdiri dari :

  1. Kurikulum

  2. Program Intrakurikuler

  3. Program Kokurikuler

  4. Program Ekstrakurikuler

  5. Fasilitas

  6. Tata Tertib

  7. Kerjasama Orang-tua

  8. SDM

Berikut adalah paparan kedelapan jalur pencapaian di atas sebagai berikut :

KURIKULUM

TK Islam Al Izhar Pondok Labu (TKI IPL) menggunakan kurikulum nasional yang ditetapkan Depdiknas sebagai dasar kurikulum dan program pengembangan agama Islam (PAI) dari Departemen Agama (Depag), hanya saja terdapat muatan-muatan lokal yang khusus dirancang dan disesuaikan dengan visi dan misi PIIPL

Kurikulum ditekankan pada pencapaian kompetensi dengan memperhatikan usia, karakteristik dan budaya anak didik agar dapat membekalinya di masa kini dan yang akan datang. Untuk itu diadakan pengenalan berbagai ilmu pengetahuan termasuk didalamnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi, moral, akhlak mulia, dan nilai-nilai Agama Islam dalam setiap kegiatan dan pembiasaan perilaku serta keterampilan hidup melalui integrasi kegiatan yang aman, kreatif, eksploratif dan menyenangkan.

PROGRAM INTRAKURIKULER

Pendekatan pembelajaran pada anak usia dini (lahir-6 tahun) berorientasi pada pengembangan seluruh perilaku dan kemampuan dasar yang ada pada setiap anak dengan memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut :

  1. Berorientasi pada kebutuhan dan perkembangan anak dengan menggunakan segenap potensi murid secara individu untuk mendapatkan prestasi terbaik.

  2. Belajar sambil bermain dengan penekanan bahwa sekolah itu menyenangkan.

  3. Kreatif dan inovatif melalui penggunaan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA), yaitu murid dan guru aktif.

  4. Lingkungan kondusif antara lain situasi kelas yang :
    • (a). menunjang keaksaraan
    • (b). menumbuhkan rasa sukses murid untuk membangun rasa percaya diri
    • (c). mengembangkan daya ekspresi dan daya kreasi murid serta menganjurkan keterbukaan, selaras dengan visi, misi dan motto perguruan
    • (d). memberikan pengalaman belajar bersama untuk menumbuhkan sikap memberi, menerima dan menghargai pendapat orang lain.
  5. Pembelajaran terpadu/terintegrasi melalui kegiatan lintas bidang pengembangan

  6. Mengembangkan keterampilan hidup.

  7. Menggunakan berbagai media dan sumber belajar

Program intrakurikuler bertujuan membentuk perilaku dan mengembangkan kemampuan dasar melalui bidang-bidang perkembangan antara lain; Sosial-Emosional, Agama, Bahasa, Kognitif dan Seni.

Adapun jadwal pelaksanaan rutinitas program intrakurikuler dalam pembelajaran harian sebagai berikut :

PEMBUKAAN

Ikrar, (Upacara Bendera : Senin)
Doa (Individu/kelompok)
Selingan : nama waktu, rap pesona matematika, pesona bahasa, puisi, nyanyi, syair jari, motorik, visual/auditori, dll.
Diskusi : berbagi pengalaman, tema
Bermain bebas sesuai pilihan anak antara lain : playground, pos-pos olahraga dan eksplorasi dengan media manipulatif

I N T I ( Pilihan Kegiatan/Eksplorasi )

  1. Eksperimen IPA / science

  2. Motorik Halus

  3. Bahasa : Mendengarkan, bicara, membaca, penulisan, ingatan/pengamatan visual/auditori.

  4. Media Manipulatif : Puzzle, balok kecil, alat montessori, lego dll

  5. Ekspresi Beragam Seni : Menggambar, mencetak, melukis, menempel, menyobek, membentuk, menggunting, melipat, dll.

  6. P e r p u s t a k a a n.

  7. Bermain peran : rumah tangga, rumah sakit, bengkel, dll.

  8. Matematika : hitung-menghitung benda konkrit, pengenalan : bentuk-bentuk geometri, ukuran, pola, dll.

  9. Bernyanyi dan bermain musik.

  10. Motorik kasar ( jasmani )

  11. Kegiatan khusus, dll

ISTIRAHAT

Makan bersama dan bermain di luar


PENUTUP

Relaksasi : mendengarkan musik berirama tenang/membaca buku/ mendengarkan cerita – boneka jari/tangan, dll.

Diskusi

Berdoa pulang

PROGRAM KO KURIKULER

Program kokurikuler sesungguhnya merupakan bagian integral dengan program intrakurikuler yang diadakan sekolah secara rutin. Program KoKurikuler adalah upaya penunjang dan pengayaan intrakurikuler yang mengarah pada pengembangan keterampilan hidup.

Beberapa kegiatan koKurikuler yang diadakan di TK IIPL, sebagai berikut :

Pengenalan Lingkungan

Guru mengajak anak mengamati lingkungan sekolah dengan tujuan :

  1. Mengenal bagian-bagian dari sekolahnya seperti; kamar mandi, tempat pengambilan air wudhu, perpustakaan TK / SD / SMP / SMA, Masjid, Kantin dan lain-lain.

  2. Memupuk kepekaan, menjaga dan memelihara lingkungan melalui mengamati lingkungan, memberi makan hewan menanam dan menyiram tanaman, mengadakan daur ulang serta operasi semut secara bergantian.

Praktek Shalat Berjama’ah

Program ini diadakan setiap hari Jum’at di masjid Al-Izhar atau di kelas dengan tujuan :

  1. Mengenal masjid sebagai tempat ibadah.

  2. Menumbuhkan kecintaan anak terhadap masjid.

  3. Memupuk keimanan murid.

  4. Menanamkan sikap tertib / disiplin di masjid.

  5. Melatih dan membiasakan gerakan-gerakan shalat yang benar.

Pembiasaan Bersedekah / Beramal

TK Islam Al Izhar Pondok Labu mengadakan kegiatan beramal dengan tujuan menumbuhkan rasa kepedulian sosial sejak dini kepada anak. Kegiatan tersebut diwujudkan dalam bentuk “ Kotak Amal “ yang bersifat sukarela dan didasari rasa keikhlasan. Program ini diadakan setiap Jumat bersamaan dengan kegiatan shalat bersama di Masjid atau di kelas. Perolehan hasil kotak amal akan dilaporkan secara berkala setiap triwulan melalui buku penghubung. Hasil dari kotak amal akan dipergunakan untuk membantu meringankan beban sesama yang mendapat musibah, seperti bencana alam, kebakaran, kebanjiran ataupun memberi bantuan kepada panti asuhan, pembangunan masjid maupun program anak asuh. Selain itu apabila memungkinkan, hasil dari kotak amal akan diwujudkan dalam bentuk pembelian hewan qurban di hari Raya Idul Adha yang akan dibelikan atas nama seluruh murid TK.

Pengenalan Perpustakaan.

Untuk menumbuhkan kecintaan membaca pada anak, maka sekolah mengadakan program kunjungan pustaka. Program ini diadakan 1 (satu) minggu sekali. Murid-murid akan datang ke perpustakaan bersama guru dan teman – temannya untuk memilih sendiri dan meminjam buku – buku yang disukai untuk dibawa pulang dengan tetap tidak melupakan tata tertib sewaktu mengunjungi perpustakaan. Dalam hal ini dibutuhkan kerjasama dan bantuan orang tua untuk mengingatkan anak mengembalikan buku yang dipinjamnya tepat waktu. Dari pembiasaan ini diharapkan agar dapat menyiapkan murid dalam penggunaan perpustakaan secara maksimal.

Cerita dari Tamu

Program ini merupakan penerapan wujud kemitraan yang dilakukan antara orang tua, lingkungan sekitar dan pihak sekolah. Program ini dikemas berupa kegiatan bercerita dari tamu yang khusus diundang oleh sekolah. “Tamu” disini adalah para orangtua murid atau kakak kelas dari unit SD, SLTP, SMA ataupun orang dewasa lain yang berkenan untuk bercerita di sekolah. Beberapa dari mereka seringkali sengaja mengajukan diri utuk menjadi tamu untuk bercerita di hadapan anak – anak.

Adapun bentuk – bentuk kegiatannya antara lain :

  1. Pengenalan berbagai profesi
    Tujuan program ini adalah membuka wawasan murid dengan memperkenalkan begitu banyak profesi di masyarakat. Untuk program ini sekolah akan mengundang orang tua murid ataupun orang dewasa yang bersedia mengenalkan profesi sehari-harinya misal; Dokter, Polisi, Juru Rawat, Guru, Sutradara, Pilot, Petugas kebersihan, Petugas Pos, Pekarya Kebun, Sopir, Kusir, Tukang sayur dan sebagainya.

  2. Mendongeng, bercerita dengan atau tanpa buku
    Program ini membuka wawasan murid tentang buku dan penumbuhan minat baca sejak dini. Sekolah membebaskan tamu untuk membawa buku sendiri / bahkan kostum untuk keperluan bercerita sepanjang isi cerita sesuai dengan usia dan karakteristik anak.

Pengenalan Musik

Program ini bertujuan mengembangkan kreativitas, imajinasi dan keterampilan berekspresi, antara lain :

  1. Meningkatkan rasa keindahan dan bakat musik anak.

  2. Mengembangkan rasa kebersamaan anak, disiplin dan tanggungjawab.

  3. Meningkatkan keterampilan berkomunikasi, berimajinasi dan berkreasi.

  4. Meningkatkan kepekaan lingkungan.

  5. Meningkatkan keterampilan berekspresi.

Pentas.

Pementasan diadakan dengan tujuan untuk memberi pengalaman pentas, pengalaman menjadi penonton, pelatihan kepercayaan diri serta penanaman konsep diri pada setiap murid. Selain itu tujuan program ini memperkaya murid sambil menghindari kerutinan dan melibatkan keluarga murid. Dalam hal-hal tertentu, program/kegiatan ini juga membantu meningkatkan rasa percaya diri murid dan perbendaharaan kosa kata. Pada acara ini orang-tua diharuskan hadir untuk turut menghargai prestasi putra-putrinya.

Pameran hasil karya murid.

Tujuan dari pameran hasil karya adalah untuk menanamkan kebanggaan
terhadap hasil karya sendiri serta menanamkan konsep diri yang positif. Selain itu pameran dapat memotivasi murid untuk lebih mengembangkan kreativitasnya.

Pengenalan budaya.

Pada program ini murid diharapkan mengenal ragam alat musik, irama dan lagu serta budaya nasional. Tujuan lain adalah menimbulkan rasa cinta budaya nasional sejak dini.

Karyawisata.

Pada 1 Tahun pelajaran, sekolah akan mengadakan beberapa program kegiatan karyawisata ke tempat/lokasi yang disesuaikan dengan tema pembelajaran di kelas. Untuk efektivitas layanan pendidikan, pada pelaksanaanya kegiatan ini dilakukan dalam kelompok kecil/kelas/level. Keterlibatan orang-tua secara fisik sebagai pendamping anak yang bertugas sebagai guru yaitu menjelaskan kegiatan dan mengawasi anak. Untuk keamanan murid dan efektivitas tujuan karyawisata, TK Islam Al Izhar Pondok Labu akan menyelenggarakan acara tersebut dalam kelompok – kelompok kecil misalnya per – kelas atau kelompok TK A atau kelompok TK B saja. Pelaksanaannya dilakukan dengan bantuan supervisi wakil orang tua murid dengan rasio 1 : 5 maksudnya 1 (satu) orang dewasa mengawasi 5 (lima) orang anak. Orang tua akan diminta bantuannya bukan hanya mengawasi tetapi secara aktif membantu guru menjelaskan tujuan-tujuan kunjungan. Tempat/lokasi tujuan karyawisata bervariasi sesuai pengembangan wawasan yang bisa dilaksanakan dan tema yang dibicarakan di kelas.

Proses Memasak.

Pada program ini diharapkan murid dapat :

  1. Mengenal bahan mentah yang langsung dapat dimakan ataupun bahan mentah yang harus diolah atau dimasak terlebih dahulu.

  2. Mengamati proses pengolahan makanan dari bahan mentah menjadi matang.

  3. Memperoleh kosa kata baru yang didapatnya selama proses masak berlangsung misalnya : mendidih, menguap, berembun, dsb.

  4. Melatih ketrampilan motorik yang digunakan pada saat memasak misalnya : memeras santan, mengoles mentega, mengupas buah, menakar air, merajang sayuran dan sebagainya.

PROGRAM EKSTRAKURIKULER

Program ekstrakurikuler merupakan kegiatan pendukung pembelajaran yang dilakukan pendidikan/pelatihan di luar kegiatan intra dan ko-kurikuler. Program ekstrakurikuler ini diprogramkan untuk yang diprogramkan untuk mengembangkan bakat, memperkaya imajinasi, menyehatkan jasmani, rohani, sosial-emosional serta menumbuh-kembangkan semangat kompetisi dan semangat kerjasama untuk mencapai prestasi terbaik. Berbagai jenis kegiatan Ekstrakurikuler yang diadakan meliputi :

Ekstrakurikuler Khusus

Ektrakurikuler khusus diprogramkan untuk membekali murid dengan kemampuan spesifik yang mengandung konsep life skill dan dianggap penting untuk memperkuat karakter/ciri khusus sekolah. Ekskul khusus di TK adalah kegiatan komputer (bekerjasama dengan computerkid) yang diberlakukan bagi seluruh murid TK B dan biayanya sudah termasuk dalam iuran bulanan sekolah. Sedangkan teknik pelaksanaan ekstrakurikuler ini dilakukan seminggu sekali selama + 45 menit di dalam waktu/jam sekolah anak. Program ini bertujuan agar anak lebih mengenal komputer sebagai alat bantu dalam menambah wawasan dan mendalami konsep-konsep dasar yang telah diperolehnya di kelas. Selain itu pengenalan teknologi informasi sedini mungkin yang sesuai dengan perkembangan anak merupakan pertimbangan mengapa program pengenalan komputer ini diadakan.

Ekstrakurikuler Unggulan

Kegiatan ini diarahkan untuk mencapai keunggulan prestasi dalam kompetisi-kompetisi yang berlangsung di dalam dan atau antar wilayah. Ekskul ini memiliki sifat berkesinambungan antar jenjang dan atau antar unit. Dengan demikian program perekrutan peserta, latihan maupun pembiayaan dilaksanakan secara khusus. Adapun kegiatan yang disediakan pada jenis ekskul ini adalah vokal.

Ekstrakurikuler Pilihan

Kegiatan ini diadakan untuk memfasilitasi pengembangan minat & bakat murid. Ekskul pilihan ini dapat diikuti oleh seluruh murid TK dengan memilih salah satu dari kegiatan yang disediakan dan biayanya sudah termasuk dalam iuran bulanan sekolah kecuali bahasa Inggris dan Fun Cooking yang pelaksanaannya bekerjasama dengan lembaga lain dan dikenakan biaya. Untuk teknik pelaksanaan ekstrakurikuler ini adalah setelah waktu kepulangan anak, dan akan dimulai pada bulan September 2007.

Adapun ekstrakurikuler pilihan yang diadakan tersebut adalah :

TK A :

  1. Seni Rupa

  2. M e n a r i

  3. Olah Raga

  4. Vokal

TK B :

  1. M e n a r i

  2. Al Quran

  3. Vokal

  4. Gamelan

  5. Bahasa Inggris (biaya mandiri)

  6. Fun Cooking (biaya mandiri)

FASILITAS

TK Islam Al-Izhar Pondok Labu (TK Islam IPL) memiliki fasilitas yang terkait dengan kelancaran dan keefektifan proses belajar mengajar berupa :

Ruang Belajar terdiri dari 6 kelas dengan sirkulasi udara yang baik

Ruang Perpustakaan

Perpustakaan adalah salah satu pusat belajar yang merupakan bagian integral dari sekolah. Syarat memanfaatkan perpustakaan adalah :

  1. Keanggotaan : seluruh murid TK IIPL.

  2. Waktu pelayanan : sesuai program TK 1 (satu) minggu sekali.

  3. Ketentuan meminjam :

    • a). Meminjam maksimum hanya 2 (dua) buku.

    • b). Untuk setiap keterlambatan pengembalian buku, bagi murid TK A tidak dikenakan denda. Namun untuk sementara tidak diperkenankan meminjam sampai buku tersebut dikembalikan, dengan tujuan pelatihan tanggung jawab.

    • c). Untuk setiap keterlambatan pengembalian buku, bagi murid TK B dikenakan denda Rp. 200,- / hari / buku. Selain itu pula untuk sementara tidak diperkenankan meminjam sampai buku tersebut dikembalikan.

    • d). Peminjaman boleh diperpanjang selama buku tersebut tidak dipesan oleh anggota lain dan atas ijin perpustakaan.

    • e). Buku hilang / sobek / rusak harus diganti dengan buku yang sama judulnya atau sama harganya.

Ruang Observasi

Diadakannya ruang observasi ini diperuntukkan :

  1. Bagi orang tua murid yang ingin melihat kegiatan belajar putra–putrinya di kelas, dalam masalah–masalah yang membutuhkan pengamatan khusus, yang terlebih dahulu harus membuat perjanjian dengan tim guru kelas.

  2. Bagi guru dari sekolah lain / instansi pendidikan yang mengadakan studi banding.

Ruang Konstruksi

Di ruang ini murid akan belajar keterampilan khusus yang akan dibutuhkan kelak di SD yaitu :

  1. Mengekpresikan diri dengan membangun berbagai bentuk balok yang disediakan.

  2. Mengklasifikasikan dan memilih bentuk balok tersebut.

  3. Mengikuti peraturan bermain balok antara lain ; mengambil dan mengembalikan balok-balok pada tempatnya semula, antri pada saat mengambil dan mengembalikan balok-balok pada tempatnya, menggunakan balok untuk membangun sesuatu.

Ruang Al Qur’an

Ruang ini untuk pelatihan dan pendalaman pelafalan awal dalam pengucapan kalimat thoyyibah, surat – surat pendek dan doa – doa harian.

Ruang Musik

Ruang ini digunakan untuk pembelajaran anak – anak dalam praktek bermain musik, baik dalam bentuk bernyanyi maupun memainkan alat musik perkusi ataupun alat musik instrumen.

Plaza TK

Sesuai dengan namanya, plaza TK merupakan tempat yang menjadi pusat kegiatan TK antara lain : pementasan, pameran, perlombaan dan lain-lain.

Kandang Binatang dan Kolam Ikan

Selain sarana di atas TKI IPL memiliki kandang dan kolam untuk binatang peliharaan yang memang kami siapkan untuk menjadi bagian dari proses belajar mengajar. Dengan adanya binatang - binatang, murid dapat :

  1. Mengamati secara langsung bentuk fisik, suara, bentuk tubuh, habitat dan lain sebagainya dari binatang - binatang tersebut.

  2. Menyalurkan rasa kasih sayangnya terhadap binatang melalui kegiatan pemberian makanan - makanan binatang secara langsung. Dengan tidak menutup kemungkinan bagi anak membawa makanan binatang dari rumah.

Lahan Perkebunan

Untuk membangun kepedulian anak terhadap lingkungan, pada waktu-waktu tertentu, guru bersama anak melakukan praktik menanam : pohon-pohon/tanaman hias, biji-bijian, merawat tanaman, dll dilahan perkebunan yang berada di areal TK.

FASILITAS

TK Islam Al-Izhar Pondok Labu (TK Islam IPL) memiliki fasilitas yang terkait dengan kelancaran dan keefektifan proses belajar mengajar berupa :

Ruang Belajar terdiri dari 6 kelas dengan sirkulasi udara yang baik

Ruang Perpustakaan

Perpustakaan adalah salah satu pusat belajar yang merupakan bagian integral dari sekolah. Syarat memanfaatkan perpustakaan adalah :

  1. Keanggotaan : seluruh murid TK IIPL.

  2. Waktu pelayanan : sesuai program TK 1 (satu) minggu sekali.

  3. Ketentuan meminjam :

    • a). Meminjam maksimum hanya 2 (dua) buku.

    • b). Untuk setiap keterlambatan pengembalian buku, bagi murid TK A tidak dikenakan denda. Namun untuk sementara tidak diperkenankan meminjam sampai buku tersebut dikembalikan, dengan tujuan pelatihan tanggung jawab.

    • c). Untuk setiap keterlambatan pengembalian buku, bagi murid TK B dikenakan denda Rp. 200,- / hari / buku. Selain itu pula untuk sementara tidak diperkenankan meminjam sampai buku tersebut dikembalikan.

    • d). Peminjaman boleh diperpanjang selama buku tersebut tidak dipesan oleh anggota lain dan atas ijin perpustakaan.

    • e). Buku hilang / sobek / rusak harus diganti dengan buku yang sama judulnya atau sama harganya.

Ruang Observasi

Diadakannya ruang observasi ini diperuntukkan :

  1. Bagi orang tua murid yang ingin melihat kegiatan belajar putra–putrinya di kelas, dalam masalah–masalah yang membutuhkan pengamatan khusus, yang terlebih dahulu harus membuat perjanjian dengan tim guru kelas.

  2.  

    Bagi guru dari sekolah lain / instansi pendidikan yang mengadakan studi banding.

     

Ruang Konstruksi

Di ruang ini murid akan belajar keterampilan khusus yang akan dibutuhkan kelak di SD yaitu :

  1. Mengekpresikan diri dengan membangun berbagai bentuk balok yang disediakan.

  2. Mengklasifikasikan dan memilih bentuk balok tersebut.

  3. Mengikuti peraturan bermain balok antara lain ; mengambil dan mengembalikan balok-balok pada tempatnya semula, antri pada saat mengambil dan mengembalikan balok-balok pada tempatnya, menggunakan balok untuk membangun sesuatu.

Ruang Al Qur’an

Ruang ini untuk pelatihan dan pendalaman pelafalan awal dalam pengucapan kalimat thoyyibah, surat – surat pendek dan doa – doa harian.

Ruang Musik

Ruang ini digunakan untuk pembelajaran anak – anak dalam praktek bermain musik, baik dalam bentuk bernyanyi maupun memainkan alat musik perkusi ataupun alat musik instrumen.

Plaza TK

Sesuai dengan namanya, plaza TK merupakan tempat yang menjadi pusat kegiatan TK antara lain : pementasan, pameran, perlombaan dan lain-lain.

Kandang Binatang dan Kolam Ikan

Selain sarana di atas TKI IPL memiliki kandang dan kolam untuk binatang peliharaan yang memang kami siapkan untuk menjadi bagian dari proses belajar mengajar. Dengan adanya binatang - binatang, murid dapat :

  1. Mengamati secara langsung bentuk fisik, suara, bentuk tubuh, habitat dan lain sebagainya dari binatang - binatang tersebut.

  2. Menyalurkan rasa kasih sayangnya terhadap binatang melalui kegiatan pemberian makanan - makanan binatang secara langsung. Dengan tidak menutup kemungkinan bagi anak membawa makanan binatang dari rumah.

Lahan Perkebunan

Untuk membangun kepedulian anak terhadap lingkungan, pada waktu-waktu tertentu, guru bersama anak melakukan praktik menanam : pohon-pohon/tanaman hias, biji-bijian, merawat tanaman, dll dilahan perkebunan yang berada di areal TK.

KERJASAMA ORANG-TUA

Dalam dunia pendidikan orang tua murid merupakan komponen pendukung untuk pencapaian keberhasilan program pembelajaran sehingga tidak dapat diabaikan keberadaannya. TK Islam Al-Izhar Pondok Labu sebagai sekolah yang senantiasa berusaha mengoptimalisasikan orang tua sebagai sumber belajar yang akan menentukan kelancaran program pembelajarannya tersebut memiliki ketentuan-ketentuan dalam melibatkan orang tua murid. Adapun bentuk kerjasama dan keterlibatan orang tua di TKI IPL antara lain :

Apresiasi Orang-tua

Untuk mengembangkan potensi anak secara maksimal diperlukan apresiasi orang tua murid secara aktif dengan hadir tepat waktu pada acara :

  1. Kunjungan kelas (Open House) yang akan memberi gambaran lebih jelas mengenai kegiatan murid.

  2. Pementasan dan pameran murid yang bersangkutan.

  3. Pertemuan antar orang tua yang dikoordinasi oleh koordinator kelas/BEOM

  4. Acara-acara lain sesuai pemberitahuan.

Buku Penghubung

Untuk segera menjembatani komunikasi antara guru dan orang tua murid, disediakan sebuah buku penghubung yang dapat diisi oleh kedua belah pihak. Namun demikian, pertemuan langsung antara guru dan orang tua murid lebih diharapkan sering terjadi dengan melalui perjanjian terlebih dahulu.

Evaluasi Bersama

Pada waktu–waktu yang ditentukan kemudian, akan dilakukan pertemuan khusus antara guru dan orang tua untuk evaluasi kedua belah pihak secara perseorangan. Dalam kesempatan ini diharapkan akan ditemukan jalan keluar bagi masalah yang diutarakan kedua belah pihak. Diharapkan timbulnya usul-usul yang lebih memacu kemajuan bersama.

BEOM

Sebagai wadah koordinasi orang tua murid akan dibentuklah pengurus Badan Eksekutif Orang Tua Murid (BEOM) yang disusun Perguruan Islam Al-Izhar Pondok Labu (PIIPL). Pengurus dipilih oleh orang tua murid dari kalangan orang tua murid sendiri. Program BEOM diharapkan menjadi pendukung program perguruan atau sekolah, maka konsultasi antara pengurus BEOM dan Perguruan perlu diadakan.

Peran Serta Orang-tua

  1. Kehadiran orang tua / wali atas permintaan Kepala TK atau guru untuk masalah tertentu yang memerlukan keterlibatan orang tua murid tidak dapat diwakilkan oleh orang lain.

  2. Setiap konsultasi yang ingin dilaksanakan oleh orang tua murid / wali dengan kepala sekolah, psikolog, dan guru harus melalui perjanjian yang disampaikan melalui buku penghubung.

  3. Para orang tua / wali murid diharapkan membantu putra-putrinya untuk dapat melaksanakan tata tertib ini sebaik mungkin.

  4. Memotivasi anak di rumah, menyelaraskan dan mengembangkan kegiatan – kegiatan yang diperoleh dari sekolah seperti mengulang dan membiasakan putra/inya membaca surat pendek, doa dan kalimat thoyyibah yang telah dibiasakan di TK

SUMBER DAYA MANUSIA ( SDM )

SDM yang tersedia
Dalam upayanya menjadikan TK Islam Al-Izhar Pondok Labu (TKI IPL) sebagai TK berkualitas yang mendidik siswa/i-nya agar memiliki kematangan sesuai usianya sebagai persiapan untuk bersekolah ke jenjang yang lebih tinggi, TKI IPL senantiasa berkeinginan untuk selalu konsisten dalam meningkatkan layanan pendidikan berkualitas yang mengakomodasi tuntutan globalisasi / masyarakat, maka selain diperlukannya kurikulum pembelajaran dengan program-program yang beragam dan terarah, Sarana Prasarana yang memadai, keberadaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal amatlah dibutuhkan.

Sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) PIIPL, TK Islam Al Izhar Pondok Labu (TKI IPL) memiliki sumber daya manusia antara lain :

  1. 1 (satu) orang Kepala Sekolah

  2. 1 (satu) orang Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum

  3. 1(satu) orang Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan

  4. 6 (enam belas) orang Tim Guru terdiri dari :

    • (a). 6 (enam) orang Guru Kelas

    • (b). 6 (enam) orang Guru Pendamping

    • (c). 1 (satu) orang Guru Bimbingan Penyuluhan

    • (d). 1 (satu) orang Guru Pendidikan Agama Islam/Al-Qur’an

    • (e). 1 (satu) orang Guru Seni Musik

    • (f). 1 (satu) orang Kepala Tata Usaha

    • (g). 1 (satu) orang Staf Tata Usaha

    • (h). 2 (dua) orang Petugas Kebersihan

    • (i). 1 (satu) orang Pengasuh/Pramubhakti

Profil Guru

Sumber Daya Manusia ( dalam hal ini adalah guru ) adalah faktor penentu berkualitas atau tidaknya suatu sekolah. Dengan prinsip tersebut sebagai lembaga pendidikan yang didirikan pada tahun 1987, TK Islam Al-Izhar Pondok Labu (TKI IPL) selalu berupaya dalam meningkatkan kualitas para guru; oleh karenanya sikap profesional, integritas diri, komitmen terhadap tugas serta kompetensi dalam bidang ilmu merupakan syarat yang utama. Selain itu juga harus menguasai manajemen kelas dan mampu memilih metode yang tepat didalam kegiatan pembelajaran. Keinginan belajar dari lingkungan, kreatif dan inovatif merupakan tuntutan lainnya agar mampu mengikuti perubahan zaman. Dasar pendidikan formal merupakan landasan awal untuk pengembangan kualitas guru selanjutnya.

Pengembangan Guru

Profesionalisme dan kualitas para guru TK Islam Al-Izhar Pondok Labu (TKI IPL) selalu ditingkatkan melalui berbagai kesempatan mengikuti peningkatan jenjang pendidikan, peningkatan penguasaan bidang ilmu secara spesifik, peningkatan pemahaman perkembangan anak dan sebagainya, antara lain dengan :

  1. Pelatihan Guru

  2. Mengadakan atau mengikuti Seminar/Lokakarya/Work shop baik Nasional maupun Internasional

  3. Melanjutkan pendidikan / jenjang studi yang lebih tinggi

  4. Pertemuan atau diskusi bersama (Coffee Morning, Forum Guru (Forgur)/Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), dll)

  5. Menjadi / mendatangkan narasumber pada suatu kesempatan

  6. Studi Banding / Observasi (dalam dan luar negeri)

  7. Magang

  8. Karyawisata dan wawasan lintas budaya.

  9. Pembinaan rutin.

  10. Menonton dan mengikuti diskusi film, teater, musik, pameran

  11. Kursus-kursus terkait dengan peningkatan profesionalisme, dll

Dengan berkembangnya waktu dan fasilitas yang memadai TK Islam Al-Izhar Pondok Labu (TKI IPL) juga memiliki guru-guru yang berpotensi sebagai narasumber/instruktur dalam berbagai bentuk pelatihan pendidikan.

lihat arsip lainnya

Berita Lain...